Jl. SWK 104 (Lingkar Utara) Condongcatur Yogyakarta 55283

Artikel

artikel - Dec 10, 2019

UPN 'Veteran' Yogyakarta Dorong Pelaku Usaha Sentra Ayam Goreng Kalasan Bentuk Koperasie

upn-veteran-yogyakarta-dorong-pelaku-usaha-sentra-ayam-goreng-kalasan-bentuk-koperasie-5e4008374c139

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Melalui program hibah internal PbM Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), UPN ”Veteran” Yogyakarta menggelar pendampingan terhadap pelaku usaha di sentra industri ayam goreng Kalasan di Dusun Bendan, Tirtomartani, Kalasan.

Ketua Program sekaligus Dosen Prodi Teknik Industri UPN ”Veteran” Yogyakarta Eko Nursubiyantoro mengatakan sentra industri ayam goreng Kalasan ”Maju Makmur” masih perlu dilakukan sentuhan perguruan tinggi untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha di sentra tersebut.

Ia mengungkapkan, permasalahan umum yang dihadapi oleh pelaku usaha sentra ayam goreng adalah permasalahan permodalan, produksi dan manajemen pemasaran.


"Oleh karena itu solusi yang dapat dilakukan adalah  membentuk koperasi untuk menangkap kesempatan permodalan yang dikucurkan pemerintah, meningkatkan kemampuan produksi dengan teknologi tepat guna (TTG) maupun meningkatkan kemampuan dalam memasarkan hasil produksi," ujarnya Senin (16/9/2019).

Lanjutnya, solusi tersebut harus dilakukan bersama-sama agar diperoleh solusi peningkatan kualitas dan kuantitas produksi sehingga hasil sesuai yang diharapkan.

Pendampingan oleh UPN ”Veteran” Yogyakarta  memprogramkan beberapa kegiatan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas produksi, di antaranya memberikan pelatihan tentang metode dan teknologi tepat guna pada proses penirisan ayam goreng.


Selain itu juga memberikan pelatihan tentang pentingnya lingkungan dan sarana kerja yang nyaman, hygienis dan memenuhi standard K3, membantu proses pemasaran dengan memanfaatkan teknologi informasi agar menjangkau daerah yang lebih luas, membentuk koperasi untuk membantu permodalan dan pemasaran.

Sementara itu, Ketua Pengurus Sentra Industri Ayam Goreng Kalasan Pandoyo mengungkapkan, setelah mendapatkan pendampingan tersebut pihaknya akan segera menindak lanjuti dengan koordinasi seluruh anggota sentra untuk membentuk koperasi.

"Sentra industri ayam goreng kalasan tetap meminta UPN ”Veteran” Yogyakarta untuk mendampingi sampai tercapainya tujuan yang diinginkan semua anggota sentra untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi ayam goreng," kata dia. (Tribunjogja I Noristera Pawestri)

;

hidden

© 2019 KOPERASI UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.